IPM GERAKAN PELAJAR BERKEMAJUAN ?


 Oleh : Yassir Arafath (Anggota Bidang Advokasi Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah Martapura)

        Mengapa IPM menjadi salahsatu Gerakan pelajar islam bekemajuan? Padahal masih ada Gerakan pelajar islam yang lain.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah salah satu organisasi Otonom yang berada di Muhammdiyah. Bukan hanya itu, IPM juga merupakan gerakan dakwah islam dan Gerakan amar ma’ruf nahi munkar di kalangan pelajar, yang berakidah islam juga bersumber dari  Al-Qur’an. 

Dimana, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) memiliki visi ideal pada tahun 2024. Yakni, “Terwujudnya Pelajar Muslim Yang Berkemajuan” seperti yang tercantum dalam buku panduan Muktamar XXI. Dengan visi inilah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah akan terus bergerak untuk mencerdaskan pelajar Muhammadiyah.

Jika di lacak  jauh sebelum IPM didirikan, sebenarnya muhammadiyah sudah pernah mendirikan beberapa organisasi pelajar sebelumnya. Tepatnya pada tahun 1919,  didirikan Siswo Projo yang merupakan oganisasi persatuan pelajar muhmmadiyah di madrasah mu’alimin Yogyakarta. Dan pada tahun 1926 ,di malang dan Surakarta berdiri GKPM ( Gabungan Keluarga Pelajar Muhammadiyah).

Dan sekarang, IPM sudah membuat aplikasi khusus, dimana aplikasi tersebut dibuat untuk mempermudah kader dalam mengakses sejarah maupun kabar terbaru tentang IPM. Terlebih pada tahun ini, ditengah pandemi Covid-19, IPM tetap bisa melakukan Forum ta’aruf dan Orientasi siswa secara online di berbagai daerah, tentunya dengan mengunakan aplikasi tersebut. Dari sini kita dapat melihat, kemajuan IPM dari segi komunikasi. Meskipun masih ada beberapa kendala dari kouta hingga jaringan internet yang dialami oleh beberapa kader di berbagai daerah.


GERAKAN KRITIS-TRASFORMATIF

IPM meneyempurnakan Gerakan tidak hanya  berkutat pada program – program pengembangan diri. Tetapi juga, memasuki ranah struktur dan sistem sosial yang beralaku. Paradigma pengembangan diri ini, didapatkan dari akar pemikiran pada tradisi developmentalisme yang melihat sebab-musabab berbagai permasalahan. Setelah paradigama munculnya realitas baru yang perlu disikapi dengan baik dan benar, maka melahirkan paradigma yang menjadi spirit sampai hari ini.

Memang benar, orang yang memiliki kekayaan pengetahuan akan lebih mudah melakukan segala sesuatu. Begitu juga untuk menciptakan transformasi sosial dan semoga kita tidak lupa, IPM  merupakan organisasi besar yang memiliki banyak tantangan.

PARADIGMA GERAKAN IPM

Paradigma IPM merupakan sebuah alat yang dibutuhkan untuk mendiagnosis persoalan bagi pelajar, sehingga mampu memecahkan permasalahan secara tajam dan tepat. Artinya paradigma bagi IPM merupakan sebuah konsep pemikiran untuk memahami, menafsirkan, serta memberikan penjelasan terhadap realitas.

GERAKAN INTELEKTUAL

IPM harus memiliki karakter intelektual, karakter intelektual itu sendiri memiliki ciri berfikir dan bertindak secara ilmu, iman dan amal secara dialektis. Dengan menerjemahkan Gerakan intelektual, maka tradisi kritis di lingkungan IPM akan terbagun. Gerakan intelektual inilah yang akan mempercepat terwujudya pelajar yang cinta akan ilmu. IPM harus mampu menggambarkan kenyataan yang harus dihadapi, diikuti dengan solusi-solusinya.

Gerakan berkemajuan merupakan Gerakan yang sangat relevan bagi kita, sebagai bentuk respon atas globalisasi yang muncul dalam pergumulan peradaban dan Gerakan berkemajuan bisa menghadirkan keunggulan.




Editor : LIM IPM KALSEL

Posting Komentar

0 Komentar