Disela Rakerwil, Campign Lingkungan jadi Sarana Perkumpulan.


Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Selatan (Kalsel) lakukan campaign lingkungan di sela-sela rakerwil dengan memperingati hari strategi konservasi se-dunia. Bertempat di Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru pada Minggu pagi, 06 Maret 2022 M. 

Adanya peringatan strategi konservasi se-dunia ini berangkat dari kondisi interaksi manusia dan alam pada sekitar tahun 1980 an. Sehingga pada tanggal 6 Maret dirilislah dokumen yang World Conservation Strategy dengan melibatkan 31 negara yang kemudian diinisiasikan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) bersama dengan World Wildlife Fund (WWF) serta International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Hingga saat ini 6 Maret diperingati dan ditetapkan sebagai hari strategi konservasi sedunia.


Campaign ini sebuah pendeklarasian komitmen kader-kader IPM atas kepeduliannya terhadap lingkungan yang sudah mulai menjadi konteversi. Semua kader menuliskan komitmen-komitmennya pada Post-it dan menempelkanya pada sisi belakang spanduk bekas yang berisi tag line #bumilestripelajarberseri dituliskan dengan huruf kolase menggunakan media karton bekas kotak snack yang didapatkan dari pemilahan sampah pada saat pembukaan rakerwil.  

Lalu semua kader manandatangani spanduk tersebut sebagai pengesahan bahwa komitmen yang mereka tuliskan akan sungguh-sungguh mereka lakasanakan. 


"Campagin ini memang hanya sebuah langkah kecil untuk keadaan lingkungan yang tidak baik-baik saja. Tetapi semoga semua komitmen yang sudah ditempelkan dan ditandatangani bisa berdampak positif bagi keselamatan lingkungan walau hanya 1% perkader, tetapi jika bersama sama 1% nya tentu akan berlipat ganda." Tutur IPMawati Zafira selaku Bidang Lingkungan Hidup PW IPM Kalsel

Dilain kesempatan, IPMawan Adi Menuturkan, ( Perwakilan dari kader yang berhadir). " Dengan terselenggaranya campaign ini merupakan suatu bentuk kritik terhadap fenomena-fenomena alam atau krisis iklim yang membuat deformitas terhadap bumi. Semoga kedepannya IPM tetap konsisten dalam mengawal isu-isu lingkungan serta mengkampanyekan pelajar peduli lingkungan dengan tagline Bumi lestari pelajar berseri.

Cc : ms

Posting Komentar

0 Komentar