Kesultanan Banjar Terangkan Tiga Tips Unggulan dalam Seminar Kewirausahaan

Kalimantan Selatan - Tiga tips unggulan dan prioritas dihasilkan dalam seminar kewirausahaan yang di gelar oleh Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan mengusung tema "Urgensi Financial Planning Bagi Gen-Z" ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam kegiatan Rapat Kerja Wilayah IPM Kalsel. 

Kegiatan ini di ikuti para perwakilan Pimpinan Daerah IPM se-Kalsel sebagai peserta dalam acara Rakerwil tersebut.

Andi Fitri sebagai narasumber yang merupakan ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus seorang kesultanan banjar menyampaikan mengenai tiga planning yang menjadi kunci gen-Z dalam memulai usahanya. 

Hal yang pertama beliau sampaikan ialah mengenai manajemen Planning, Organizing Planning, Organizing, Actuating and Controlling (POAC). Empat hal tersebut merupakan hal pertama yang harus kita lakukan dalam manajemen sebuah usaha yang nantinya akan kita buat dengan tujuan menghasilkan uang, melindungi aset serta invertasi dari aset yang kita miliki. 

Bang andi pun juga menyampaikan mengenai karakteristik dari Gen-Z di tahun 1995-2010 yaitu menghargai keberadaan, sebagai agent of change serta berorientasi pada target.

Selanjutnya pada tips yang kedua bang andi menyampaikan bahwasanya sejak masih di usia sekolah kita harus mulai terbiasa untuk mandiri baik secara emosional dan finansial agar nantinya kita dapat matang pada waktunya 

Sejalan dengan penyampaian bang andi, di IPM juga diajarkan sejak masih sekolah untuk bisa menjadi pelajar yang kreatif serta mandiri agar nantinya ketika mengalami masalah finansial para pelajar muhammadiyah tidak terlalu bingung dan kaku dalam menghadapinya. 

Tips terakhir yang disampaikan bang Andi ialah menekankan pada "tim solit". Menurutnya "tim solit" ialah tim yang pada masa-masa sulit itu tetap ada, tidak meninggalkan atau melepas tanggung jawabnya baik dalam usaha ataupun saat berorganisasi. 

Akhir kata beliau memberikan tips tambahan dalam mengatur keuangan dari beberapa Gen-Z itu, salah satunya ialah dengan menabung sejak dini, membuat perencanaan keuangan dan impian kedepannya. Dengan hal tersebut menurut beliau akan sangat membantu dalam mengatur keuangan. 

Cc : jj

Posting Komentar

0 Komentar