Bidang Kesehatan PW IPM Kalsel Launching Program Kerja: RuangCerita Kita, Rumah Aman Bersama



Amuntai | Sabtu (22/06/2024) bertepatan dengan Opening Ceremony Rapat Kerja Wilayah PW IPM Kalimantan Selatan di Aula Agung Amuntai, Bidang Kesehatan PW IPM Kalimantan Selatan launching program kerja "RuangCerita".

Sebagaimana basis Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang merupakan remaja, dimana remaja sendiri adalah kelompok yang berbeda, bukan lagi anak-anak tetapi juga belum dewasa, sehingga pada rentang masa ini kebutuhan mereka terbilang cukup unik. Jadi remaja itu ialah seseorang yang otaknya telah berkembang melewati tahap masa kanak-kanak tetapi belum sepenuhnya matang hingga dewasa.

Masa remaja adalah masa-masa rentan pencarian jati diri. Oleh karena itu, kerap kali kondisi tersebut mengakibatkan permasalahan seperti stres sosial, isolasi, atau penyalahgunaan zat, pergaulan bebas, bahkan percobaan bunuh diri. Sumber stres umum lainnya meliputi trauma, kekerasan emosional, kekerasan seksual, penindasan fisik, dan hal-hal lain yang memicu trauma.

Atas dasar semua hal ini, dari Bidang Kesehatan PW IPM Kalimantan Selatan membuat RuangCerita sebagai wadah untuk teman-teman pelajar dalam mengungkap perasaan atau beban emosional yang sedang dialami, dan saling menguatkan sesama remaja.

Dalam RuangCerita ini melibatkan 3-4 konselor sebaya yang memantau data pada gform. Adapun konselor sebaya memiliki background pendidikan yang cukup membuat mereka memiliki kompetensi dasar dalam metode atau teknik konseling.


oleh Lembaga Media IPM Kalsel

Posting Komentar

0 Komentar