Memperingati 7th Teaching and Trip, Dadan Pesankan Rawat Komunitas Sesuai Zaman.



Komunitas Teaching and Trip atau bisa disingkat TnT memperingati 7 tahun berdirinya komunitas TnT, Sabtu 5 Februari 2022.

Dalam peringatannya, TnT mengadakan Obrolan Kedai Kopi yang bertajuk "7th Teaching and Trip : Mengakar Gerakan Kultural dalam Komunitas, Sampai Manakah Bisa Bertahan?" yang diisi langsung oleh Ahmad Sudani (Kak Dadan) selaku Co-Founder TnT.

Obrolan yang bertempat di Food Court Kaki Lima ini dihadiri para pegiat TnT, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum daerah Banjarbaru.

Saat pemaparan, Dadan mengibaratkan komunitas seperti akar yang akan bertumbuh menjadi pohon rimbun yang penuh manfaat.

"Ibaratnya ketika akarnya menghujam tajam ke bawah maka batang pohonnya semakin rimbun, manfaatnya lebih maksimal, daunnya untuk berkebun, buahnnya untuk dimakan. Selama kita berkomunitas, akarnya tadi adalah kesamaan (hobi/minat), tinggal proses kita merawat dengan menyirami dan memupuk, menyemarakkan komunitas yang kita gandrungi bersama." ungkap Dadan.

Dadan melanjutkan "Apakah dengan kondisi sekarang perubahan sosial dan lainnya, komunitas masih bisa bertahan, secara sederhana harus dapat bertahan, karena komunitas tidak terikat, sehingga tidak terlalu membebankan. Ke depannya Kita bisa merefleksikan kembali apa yang bisa kita rumuskan untuk gerakan selanjutnya, mengemas komunitas dengan perkembangan zaman yang sekarang."

Muhammad Abid Mujaddid (Kak Abid) salah satu penggiat TnT berharap TnT bisa memberi dampak dari berbagai isu.

"Semoga TnT bisa punya dampak bagi lingkungan sekitar khususnya di banua kita termasuk dampak dalam isu pendidikan, isu lingkungan dan isu lainnya. Diharapkan paga penggiat punya kesadaran berbagi secara eksternal dan internal karena dari sini dampaknya akan terasa. Selain itu, diharapkan para pegiat/relawan yang sudah 7 tahun bersama terus konsisten tanpa kenal lelah karena memang gerakan ini bukan gerakan sesaat tapi pengabdian sepanjang hayat." ungkap Abid

Di penghujung obrolan tersebut, beberapa yang berhadir juga turut mengutarakan harapan untuk komunitas TnT yang telah berumur 7 tahun itu. Mereka berharap komunitas Teaching and Trip lebih sering mengadakan diskusi topik yang sedang tren dengan penyampaian yang ringan sehingga pelajar lebih mudah memahami dan merangkul mereka yang punya minat baca yang masih rendah. (ip) 

Posting Komentar

0 Komentar