IPM Kalsel gelar refleksi milad, langkah dan harapan selama 6 Dekade

IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Kalsel (Kalimantan Selatan) gelar semarak milad 6 dekade IPM sekaligus keynote speak dari ketua PW (Pimpinan Wilayah) IPM Kalsel.

Dengan mengangkat tema "Harapan wan langkah ke depan gasan seberataan" dengan maksud IPM hari ini dikalsel mampu bergerak sesuai dengan ranah ranting, cabang dan daerahnya masing-masing. PW IPM kalsel mengharapkan langkah yang diambil oleh ranting, cabang dan daerah tidak mesti selalu yang besar tetapi dimulai dari hal yang kecil dulu dan konsisten dilakukan secara terus menerus maka memekar menjadi seutuhnya.

Tidak tanggung-tanggung PW IPM kalsel langsung menghadirkan pemateri yang pastinya sangat luar biasa. Yaitu, Ipmawan Hafizh Syafaturrahman (Ketua PP IPM 2018-2020) 

Dikutip dari penyampaian beliau, 

Untuk merefleksikan Milad ke 6 Dekade IPM, ada 3 hal yang harus kita perhatikan :

1. Personal atau pribadi Kader itu sendiri

IPM sejatinya ialah aksentuator Muhammadiyah, sehingga kader itu harusnya mampu benar-benar mempelajari Islam itu sendiri seperti apa. Kader IPM harus mampu berpikir segara logis dan berilmu, karena IPM adalah Gerakan Ilmu. Dalam kata lain, anak IPM harus mampu mengganti DNA-nya menjadi DNA Keilmuan. Sehingga semua yg dilakukan didasari oleh pikiran yang logis dan ilmu yang ilmiah.


2. Pola kepemimpinan

Pada saat ini, pola kepemimpinan yang ideal bukan lagi salah satu jenis kepemimpinannya. Bukan otoriter, visioner, atau yang lain.
Pola kepemimpinan ideal pada masa sekarang ialah pola kepemimpinan yang menyesuaikan diri di koridornya masing-masing. Kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi, kapan kah harus menjadi otoriter, kapan harus menjadi visioner dan lain-lain.
Pada saat ini pun, arah gerakan yang dibawa bukan lagi kompetitif, tapi kolaboratif. Bagaimana kita menjadikan musuh sebagai kawan dan kawan sebagai kekuatan.

3. Organisasi

"Mimpi jangan sekedar mimpi, tapi harus di aksikan. Karena mimpi tanpa aksi sama dengan mimpi buruk"

Keynote speak juga turut mengimbangi semaraknya refleksi milad kali ini yang langsung disampaikan oleh Ketua Umum PW IPM Kalsel.

(Sam/GR)

Posting Komentar

0 Komentar