IPM Adalah Manifestasi Ideologi Muhammadiyah



Oleh :

Yassir Arafath 

(Lembaga Media PW IPM Kalsel & Kabid Organisasi PD IPM Banjar)

 Kelahiraan dan perkembangan Ikatan Pelajar Muhammaadiyah (IPM) tidak terlepas dari misi Muhammadiyah dan konteks kehidupan yang mengitarinya. Misi Muhammadiyah yang spesifik itulah yang kemudian dapat dibaca dalam subtansi tujuan IPM. Tujuan Muhammadiyah dulu sampai sekarang masih sama dengan tujuan IPM, dari ingin mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya sampai bagaimana fungsi manusia sebagai khalifah fil ardhi.

Ideologi dasar : Analisa Paradigma Gerakan Pelajar Berkemajuan 

 Apa bila kita membaca tanfiz muktamar XIX, kita akan menemukan rumusan mengenai konsep dasar gerakan pelajar berkemajuan. Didalam rumusan tersebut dimuat dasar historis maupun filosofis konsep GPB sebagai paradigma IPM. Kalimat “Gerakan Pelajar Berekemajuan: Paradigma Gerakan Ilmu” tersebut menyatakan dengan gamblang bahwa gerakan pelajar berkemajuan merupakan manifestasi dari gerakan ilmu IPM karena basis massa IPM adalah pelajar. Selain itu GPB juga merumuskan tiga pilar yaitu Pembebasan, Pemberdayaan dan pencerdasan.

 Lantas apakah IPM terus pada paradigma GPB ini? Tentu tidak, karena hasil-hasil dari keputusan Muktamar XXII banyak menghasilkan perubahan dan pemikiran. Elemen di IPM harus diperluas dan diperdalam cara pandangnya terhadap suatu fenomena atau isu-isu dengan pendekatan bayani, burhani dan irfani yang sering juga ayahanda haedar nasir sampaikan.

IPM Harus memiliki Pola Pikir Pertumbuhan 

 Seabagai pelajar kita harus dibekali dengan Growth mindset atau pola pikir pertumbuhan yang mana jika sudah berbekal dengan itu maka disetiap keadaan yang menjadi penilaian utamanya adalah proses. Teori growth mindset bukanlah hal yang baru, teori tersebut keluar dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikologi Carol Dweck dan rekan rekanya. Penelitian mereka terfokus pada remaja tapi konsepnya bisa dipakai ke orang dewasa.

 Selain cara membentuk pola pikir yang kiritis atau berkembang IPM dengan ciri khas nya yaitu membentuk pola pikir yang kreatif dengan cara kita memberikan makna kehidupan kita yang bertujuan bahwa kita ini adalah termasuk orang yang jujur dan bebas, ciptakan apa yang ingin kita lakukan selagi itu masih berdampak positif bagi kita bahkan ikatan.

 Berarti perlu kita ketahui bersama bahwa Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini adalah wujud suatu pemikiran atau gagasan dari Muhammadiyah dan juga memiliki tujuan yang sama, serta hasil dari permusyawarahan mau dari pimpinan ranting hingga pimpinan pusat selalu menghasilkan pemikiran yang baru dan sejalan juga dengan tujuan IPM. 

Selain kita sebagai kader IPM bisa memahami ideologi serta paradigama kita juga harus memiliki pola pikir pertumbuhan agar nantinya diri kita bisa berbekal dengan itu maka disetiap keadaan.


Editor : ms

Posting Komentar

0 Komentar