Memaksimalkan Konpiwil, PW IPM Kalsel Selingi dengan Diskusi

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Kalimantan Selatan gelar konferensi Pimpinan Wilayah (Konpiwil) pada 26-27 November 2022.

Dalam memaksimalkan Konpiwil ini, PW IPM Kalimantan Selatan selingi diskusi tentang pernikahan dini, mengingat peranan pelajar sangat penting untuk mengetahui tentang pernikahan dini tersebut.

Diskusi ini di isi oleh Ibu Alfisah, SKM., MM. Kepala Bidang Keluarga Berencana Kabupaten Banjar, dengan topik pembahasan yang sangat menarik untuk diulik " Yakin Mau Coba Nikah Dini?". Dalam diskusi tersebut ada beberapa point' yang beliau tekankan.

Pertama, pernikahan dini yang dinilai masih marak terjadi akibat kondisi ketidakstabilan emosi, psikologi dan sosial yang menjadi alasan kenapa pernikahan dini merupakan hal yang kurang tepat. Pernikahan dini biasanya akan menyebabkan potensi kekerasan yang memicu perceraian karena sebab kondisi tersebut.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab pernikahan dini adalah pergaulan remaja, pelajar harus cerdas dalam memilih, mengambil sikap dan mencari teman. 

"Kita sebagai remaja harus dapat membuat ketahanan agar mampu melawan segala hal negatif yang akan menjerumuskan kita ke pernikahan dini."

Kedua, Dari segi kesehatan perempuan yang menikah di bawah umur 19 tahun belum siap, karena sebenarnya tubuh belum siap untuk hamil dan melahirkan sehingga dapat beresiko kanker serviks, keguguran hingga kematian saat persalinan.

Terakhir, beliau berpesan kepada para pelajar untuk dapat mempertimbangkan langkah apa yang harus kita lakukan sebelum memilih pernikahan dini.



Posting Komentar

0 Komentar